Pindang Baung

0
522
Pindang Baung
Pindang Baung

jajananlampung.com, Bandar Lampung–Pecinta kuliner saat berkunjung ke Provinsi Lampung jangan lupa mencoba makanan khas Lampung diantaranya “Pindang Baung”.

Rasanya gurih dan segar. Makanan khas Lampung tidak jauh berbeda dengan makanan khas Palembang. Pindang Baung adalah masakan yang berkuah.

Baung sendiri berasal dari nama ikan, yang hidup liar di sungai dan belum banyak dibudidayakan. Biasanya penikmat pindang baung  dapat memilih pindang sesuai potongan bagian ikan yang disukainya, seperti bagian kepala, badan atau buntut.

Kuliner ini diolah dengan cara merebus air yang diberi racikan bumbu rempah yang terdiri dari cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, daun sereh, asam jawa, gula merah dan irisan nanas.

Proses memasaknyapun tergolong sederhana,  potongan ikan dimasak dengan dilumuri air jeruk nipis terlebih dahulu dan direbus  bersama kuah.

Dan bila sudah matang, cara penyajiannya cukup dipisahkan antara kuah dan daging ikan baungnya, baru pada saat menu ini dipesan, ikan disuguhkan dengan mangkok dan disiramkan kuah, sehingga ikannya tidak hancur sementara kuahnya tetap hangat (JL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here