Jajananlampung.com, Bandarlampung — Tak perlu jauh-jauh ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk menikmati kuliner coto Makassar atau coto mangkasara.

Kamu bisa menikmati kuliner spesial ini di rumah makan yang berlokasi di Jalan ZA Pagaralam No.86 AB, Bandar Lampung. Restoran Coto Makassar ini beroperasi dari pukul 10.00-21.00 WIB.

Baba Hengky owner “Coto Makassar”, saat ditemui jajananlampung.com menyampaikan rumah makan yang dikelolanya dilaunching pada 2 Maret 2017 lalu.

Inspirasi untuk manawarkan makanan khas Makassar kepada masyarakat Lampung diperoleh Baba Hengky setelah melihat menjamurnya rumah makan yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman tetapi belum ada yang menyajikan menu makanan khas Makassar.

“Maka saya mencoba untuk mewarnai kuliner yang ada di kota tapis berseri ini,” kata Hengky.

Lebih lanjut pria supel berbadan tegap ini menerangkan “Coto Makassar” berbahan dasar daging sapi dan kerbau, ditambah dengan jeroan berupa hati, usus, jantung, paru, serta babat.

Sementara bumbu kuahnya adalah kombinasi beberapa rempah-rempah serta gilingan kacang tanah yang sudah digoreng.

Ramuan rempah-rempah di antaranya, kemiri, serai yang ditumbuk halus, lengkuas merica, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, kayu manis, bawang merah.

Kemudian bawang putih, daun salam, daun kunyit, jahe, laos, daun jeruk purut, daun bawang, daun seledri, lombok, merah, lombok hijau, gula aren, dan asam.

Coto Makassar ini lebih nikmat disantap bersama dengan ketupat dan buras,  dilengkapi sambal tauco, dan pendampingnya minuman markisa yang didatangkan dari Makassar.

“Bagi pengunjung yang tidak menyukai santan kami juga menyediakan nasi sebagai teman coto Makassar,” kata Baba Hengky.

Ada yang unik di Restoran Coto Makasaar ini, jika di tempat asalnya setiap rumah makan dan kedai yang menjual coto selalu tersedia alat potong/meja untuk meracik olahan didepannya.

Coto yang dihidangkan di Restoran Coto Makassar Baba Hengky komposisinya netral belum ditambahkan penambah rasa dan sambal, para pengujung dapat meracik sendiri coto yang akan disantap berdasarkan selara masing-masing

“Kami siapkan garam, mecin, sambal tauco, kecap, jeruk sebagai penambah rasa asam,” ujarnya.

Bicara harga untuk 1 porsi Coto Makassar dibandrol dengan harga Rp25 ribu di luar ketupat dan buras, sop kondro Rp35 ribu per posi dan untuk minuman markisa Rp15 ribu, ketupat Rp2.500, dan nasi Rp5 ribu.

Restoran Coto Makassar ini juga menawarkan paket hemat diantaranya paket baba hemat 1 seharga Rp30 ribu yang terdiri dari coto, ketupat, teh botol sosro.

Lalu paket baba hemat 2 seharga Rp40 ribu termasuk coto, dua paket ketupat dan markisa, paket baba hemat 3 termasuk coto, buras dan teh botol sosro dan paket baba hemat 4 dengan harga Rp32 ribu termasuk coto, buras, teh botol sosro.

“Mengingat banyaknya permintaan dari pelanggan warga Lampung asal Makassar kami telah mengeluarkan menu baru salah satunya sop kondro iga sapi dan kedepan akan ada menu makasan khas Makassar lain di antaranya sop kondro bakar, pisang hijau,sirup DHT,” kata Baba Hengky.

Karena berada di jalur ZA Pagaralam yang merupakan daerah pendidikan Restoran Coto Makassar ini juga akan mengeluarkan menu-menu makanan dan minuman dengan harga hemat yang terjangkau semua kalangan.

Darman dan Citra salah satu konsumen asal Kalimantan saat menikmati coto Makassar mengakui kelezatan coco Makasaar olahan Baba Hengki mengatakan.

Jika kamu juga ingin membuktikan kelezatan coto makassar satu ini, segera kunjungi restorannta di Jalan ZA Pagaralam, ya! (JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here