PT KAI Tambah 2.632 Tempat Duduk Hadapi Ramadan dan Idul Fitri 1438 H

0
286
Pramugari Kereta KA Sriwijaya
Jajananlampung.com, Bandar Lampung–PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjung Karang menyiapkan 2.632 tempat duduk per hari selama masa mudik Lebaran. PT. KIA menetapkan masa angkutan lebaran selama 22 hari, mulai 15 Juni – 6 Juli 2017.
Manajer Humas PT. KAI Tanjung Karang Franoto Wibowo menyampaikan penambahan gerebong Kereta Api (KA) diantaranya KA Seminung atau Way Umpu empat gerbong ekonomi, KA Sriwijaya lima gerbong bisnis, serta KA Rajabasa lima gerbong ekonomi AC,” terangnya pada jajananlampung via phone, Selasa (30/05).
Jarak temuh KA yang terdekat, dengan dua kali pemberangkatan pulang pergi yaitu KA Seminung melayani pemberangkatan dari stasiun Tanjung Karang – Kotabumi.
Normalnya dalam sehari KA Sriwijaya hanya empat gerebong bisnis dan KA Rajabasa memang lima gerbong ekonomi AC. “2.632 tempat duduk itu sudah termasuk gerbong tambahan.” terangnya.
Untuk mendapatkan tiket kereta api para konsumen tidak perlu membeli tiket distasiun kereta. Karena PT KAI telah menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk pengadaan tiket kereta, seperti Indomart, Alfamart dan beberapa tempat perbelanjaannya. Jadi konsumen dapat memilih tempat yang terdekat dengan tempat tinggalnya masing-masing, terang Franoto.
Selain itu dalam meningkatkan pelayanan keamanan kepada masyarakat PT KAI Driver IV Tanjung Karang akan menambah closed circuit television (CCTV) di dalam kereta dan stasiun saat mudik lebaran.
“Selama ini CCTV telah tersedia pada setiap gerebong kereta,  tapi kami menambahkan jumlahnya karena kepadatan penumpang dan peningkatan (saat mudik),’ kata Franoto.
Pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI terkait pengamana saat mudik. Hal tersebut untuk mengantisipasi tindak kejahatan maupun hal-hal yang tak diinginkan, agar pelayanan angkutan mudik jalur kereta api berjalan lancar. “Kami menyiapkan 96 personel pengamanan stasiun, 44 personil pilisi militer (PM), didalam kereta ada minimal dua orang petugas pengamanan, ujarnya.
Tak hanya itu tambah Franoto, pihaknya juga telah menyiapkan pengamalanan prasarana selama angkutan lebaran 1438 H. Akan ditambah petugas pemeriksa rel kereta api.
Sedangkan normalnya pemeriksaan rel kereta per satu stasiun dengan total 96 petugas dari Tanjung Karang – Tanjung Rambang. Sekarang ditambah 50 persen, tambahnya. (JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here