Festival Petik Lada, Cara Pemkab Gairahkan Petani

0
358
Festival Petik Lada
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim saat membuka kegiatan Festival Petik Lada
jajananlampung.com, Lampung Timur — Minggu (9/7/2017) Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur menggelar Festival Petik Lada bertempat di Lapangan Kecamatan Margatiga. Acara ini merupakan yang ke 16 dari 22 rangkaian festival yang digelar pemkab.
Dalam kegiatan itu, para petani lada dan masyarakat berkumpul untuk turut memeriahkan festival. Ada lomba cerdas cermat bagi kelompok tani untuk mengadu tingkat pemahaman petani terkait pengembangan tanaman lada, ada pula bazar makanan dan minuman hasil karya ibu-ibu Kecamatan Margatiga.
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dalam sambutannya menjelaskan festival ini merupakan salah satu cara untuk menggairahkan kembali semangat menanam para petani.
Pasalnya produksi lada dalam tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan akibat cuaca ekstrem dah hama penyakit.
Selain itu, lanjut bupati perempuan yang akrab disapa Mbk Nunik itu mengatakan festival ini diharapkan menjadi destinasi wisata edukasi yang mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin mengetahui bagaimana proses penanaman lada dari awal hingga panen digelar.
Lada telah menjadi kebanggan masyarakat Lampung sejak dulu
Lada telah menjadi kebanggan masyarakat Lampung sejak dulu
Lada telah menjadi kebanggan masyarakat Lampung sejak dulu dan komoditas ekspor unggulan Provinsi Lampung.
Bahkan, kata Nunik dahulu kala nilai lada lebih berharga dibandingkan logam mulia. Dalam lagu daerah berjudul Tanoh Lado digambarkan betapa bangganya Lampung atas limpahan sumber daya alam khususnya tanaman lada.
Tahun ini hasil produksi lada memang mengalami penurunan, untuk mengatasinya pemkab telah memberikan bantuan 42 ribu bibit tanaman lada dan menyalurkan pupuk subsidi.
Tidak hanya itu, pemkab juga memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada kelompok tani agar tingkat produksi dapat meningkat. “Bantuan yang kami berikan sifatnya lebih banyak ke pendampingan dan peningkatan pengetahuan.
Untuk mempercepat tanaman lada berbuah adalah dengan cara melakukan perlakuan khusus terhadap tanaman tersebut. Ada 5 cara untuk mempercepat tanaman lada berbuah, diantaranya pertama mempercepat perkembangan fase vegetatif, kedua membuat tanaman dalam fase reproduktif, ketiga mengatur C/N rasio, ketempat memberikan pupuk akar dan pupuk daun yang mengandung unsur hara P dan K dengan tepat, dan yang terakhir pemberian hormon (zat pengatur tumbuh) bunga dan buah.
Sehingga petani dapat meningkatkan hasil produksi dan juga meningkatkan kesejahteraanya,” tambah M. Yusuf Kepala Dinas Perkebunan Lampung Timur. (JL)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here