Festival Gawi Agung Bejuluk Beadek, Lampung Tengah

0
123
Mustafa
Bupati Lamteng Mustafa saat membuka festivas Agus
Festival Gawi Agung Bejuluk Beadek, Kenalkan Budaya Lampung Pada Dunia
Jajajananlampung.com, Lampung Tengah — Bupati Lampung Tengah Mustafa melihat Lampung Tengah memiliki kekayaan budaya yang layak dikenalkan kepada dunia.
Karena di sini terdapat sembilan kebuaiyan (kelompok/keturunan) dengan masing-masing filosofi kehidupan, kekayaan adat, dan bahasanya.
Kalau bicara tekonologi, kita akan kalah dengan negara lain.
Tapi kalau bicara adat, ada banyak kebudayaan Lampung Tengah yang bisa kita ceritakan kepada dunia,” ujar Mustafa dalam gelaran adat Gawi Agung Bejuluk Beadek yang merupakan rangkaian Festival Kopiah Emas 2017 di Lapangan Merdeka, Gunung Sugih, Rabu (19/7).
Dalam acara ini Kesuttanan Jurai Siwo Mergo memberikan Gelar Penyimbang kepada 311 kepala kampung dan jajarannya.
Bupati Mustafa mengatakan penganugerahan gelar adat tersebut bertujuan untuk mengajak warga untuk lebih mencintai budaya dan menyatukan seluruh warga Lampung Tengah dengan beragam latar belakang suku.
“Meski kita berbeda latar belakang suku, tapi kita adalah satu, kita tunjukkan bahwa kita adalah Lampung Tengah,” ujar Mustafa di hadapan para kepala kampung.
Mustafa berharap nilai-nilai adat dapat diimpelementasikan dalam kehidupan sehari-sehari termasuk dalam pengambilan keputusan.
“Adat budaya dapat di mengerti dan dipahami agar dapat menjadi pedoman,” ujarnya.
Sukses menyelenggarakan Gawi Agung Bejuluk Beadek, Bupati Mustafa mengaku bersyukur dan bangga bisa menjadi bagian dari kekayaan budaya yang ada Lampung Tengah.
Ia berkomitmen akan terus melestarikan kebudayaan yang ada.
“Ada Bali, Jawa, Sunda, Lampung dan kebudayaan lainnya. Ini adalah kekayaan yang harus kita jaga, kita lestarikan, dan kita kenalkan secara luas,” ujarnya.
Mustafa juga mengatakan gelaran adat ini akan menjadi even tahunan di Lampung Tengah. Targetnya agar budaya Lampung semakin dikenal luas dan masyarakat Lampung bersatu.
“Secara sosial tidak ada lagi sekat antara pendatang serta penduduk asli atau pribumi, semoga ini tercapai,” kata dia. (JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here