Bermain dan Belajar Bersama Gajah Way Kambas

0
311
Pengunjung Taman Nasional Way Kambas (TNWK).
Pengunjung Taman Nasional Way Kambas (TNWK).
jajananlampung.com, Lampung Timur — Siapa yang tak tahu Taman Nasional Way Kambas (TNWK).
Kawasan konservasi gajah yang berada di Kecamtan Labuhan Maringgai, Lampung Timur ini menjadi ikon kebanggan Provinsi Lampung.
Di sini terdapat pusat pelatihan gajah, di mana gajah-gajah liar di latih hingga jinak dan memiliki banyak kepandaian.
Way Kambas yang merupakan kawasan konservasi tertua di Indonesia ini menjadi lokasi yang tepat bagi Anda dan keluarga untuk berwisata edukasi.
Selain menikmati kesegaran alam dengan keanekaragaman hayatinya, kita juga bisa belajar banyak hal tentang gajah. Tiket masuknya cukup murah, hanya Rp7.500,- per orang.
Di atas lahan 1300 km persegi ini pengunjung dapat melihat berbagai aktivitas gajah, seperti mandi dan beratraksi.
Atraksi yang dihadirkan di antaranya bermain bola, naik tangga, dan memutar hula hoop. Seru deh melihat kepandaian mamalia besar ini.
Tidak cuma itu, kita juga bisa mencoba menunggangi gajah dengan membayar tiket Rp20 ribu per orang. Kita bisa berkeliling bersama gajah dan melihat pemandangan dari ketinggian.
Tidak perlu takut, karena akan ada pawang gajah yang tetap memegang kendali.
Bagi Anda yang ingin lebih lama di sini, tempat ini menawarkan penginapan dengan kamar luas yang dapat menampung hingga empat orang dengan tempat tidur, kipas langit-langit, mandi air panas dan toilet. Tarif per malam Rp200 ribu.
Di sini ada banyak pedagang yang menjual berbagai souvenir khas Way Kambas, seperti kaos, boneka, juga miniatur gajah dan rusa. Rata-rata harganya Rp5-50 ribu.
Untuk miniatur gajah dan rusa ukuran kecil harganya Rp5 ribu, sementara ukuran besar Rp15 ribu. Untuk boneka gajah kecil dibanderol Rp25 ribu, semantara yang besar Rp50 ribu.
Kita juga bisa memberi makan gajah-gajah itu. Cukup membeli seikat tebu yang telah dipotong-potong.
Di sana ada banyak ibu-ibu yang menjuak tebu untuk makan gajah, harga per ikatnya Rp5.000,-. Dengan cara ini kita bisa mengajarkan anak untuk lebih menyayangi binatang.
Oia sepanjang jalan memasuki kawasan ini, sepanjang jalan bisa kita jumpai monyet-monyet yang menggu di lemper pisang oleh pengunjung yang melintas.
Monyet-monyet lucu itu seperti sudah sangat paham, jika ada mobil melintas, pasti akan ada yang memberi pisang, sehingga satu per satu monyet keluar dari pepohonan dan berdiri di tepi jalan.
Bagi Anda yang tengah menikmati hari libur bekerja atau mengajak anak-anak menghabiskan akhir pekan, yuk! Datang ke Way Kambas. Gajah-gajah di sini sangat lucu dan menggemaskan, lho. (JL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here