Sepotong Surga di Puncak Dempo

0
161
Hamparan teh menghiasi Gunung Dempo
Hamparan teh menghiasi Gunung Dempo.
Jajananlampung.com, Kota Pagar Alam—Bagi Anda pencinta tantangan yang memacu adrenalin, belum lengkap kiranya jika tidak mencoba mendaki Gunung Dempo.
Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu ini berada di Kota Pagar Alam, dengan jarak tempuh tujuh jam perjalanan darat dari Palembang dan 40 menit menggunakan pesawat dari Kota Pempek.
Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian 3.195 mdpl. Gunung berapi yang masih aktif ini sering mengeluarkan asap dengan menyemburkan sedikit lumpur ke dataran rendah di bawahnya.
“Walaupun gunung ini cukup tinggi, kita tidak perlu khawatir kehabisan air minum selama perjalanan, karena banyak terdapat sumber air jernih yang dapat ditemui sampai setengah perjalanan,” terang Heri, mahasiswa salah satu univertitas  di Bengkulu pada jajananlampung.com
Heri bersama keenam temannya merencanakan akan merayakan upacara bendera 17 Agustus 2017 di puncak Dempo. Dia menerangkan Gunung Dempo memiliki dua puncak, salah satunya bernama Puncak Api. Puncak ini ditumbuhi tanaman yang rendah mirip perdu.
Sungai kecil yang jernih mengalir di perjalanan pertanda kita mulai memasuki daerah Hutan Montana, seperti yang ditemui di Gunung Gede-Pangrango.
Jalan setapak penuh dengan akar-akar yang melintang juga kemiringan lereng yang curam cukup untuk memeras keringat. Tidak ada tanda-tanda khusus, keadaan hutan ini hampir homogen dan sangat hening.
Empat atau lima jam perjalanan, pendaki akan memasuki daerah dengan vegetasi tumbuhan berpohon rendah dan semakin rendah, beberapa daerah agak terbuka, pandangan pun menjadi luas.
Di lembah ini terdapat sebuah sumber mata air mengalir. Hanya saja, air jernih ini sedikit kecut rasanya, mungkin pengaruh rembesan belerang. Di ngarai ini juga para pendaki dapat mendirikan tenda sebagai camp pendakian.
Pendakian ke puncak utama tidak terlalu sulit. Lereng dengan kemiringan 40 derajat yang beralas kerikil dan batu-batu cukup ramah untuk didaki. Dari puncak pertama ini turun kembali ke lembah yang diapit oleh puncak pertama dan puncak utama.
Puncak utama Gunung Dempo (3.159 m) merupakan kawah gunung berapi yang masih bergejolak dengan diameter sekitar 100 meter persegi. Sayangnya, dinding kawah tidak mungkin bisa dituruni tanpa peralatan yang memadai lantaran cukup terjal.
Pemandangan dari puncak cukup mengasyikkan. Jika tidak tertutup awan, pandangan akan lepas melihat daratan Bengkulu bila menghadap arah selatan. Selain kawah yang memberikan kesan khusus, tampak juga hamparan Provinsi Bengkulu, Samudera Hindia, dan lembah yang sunyi dan hening.
Dengan belaian angin gunung yang sejuk lagi menyegarkan ditambah pemandangan yang begitu menakjubkan, dijamin Anda akan betah berlama-lama. Surga tersembunyi di pucuk Dempo ini akan selalu membuat pengunjung rindu untuk kembali mendakinya.
Perjalanan turun hanya memakan waktu dua jam jika Anda bergerak cepat. Namun, lebih dianjurkan untuk menuruni Dempo dengan berhati-hati. Ini akan memakan waktu sekitar lima tingga enam jam.
Pada hari-hari biasa di Gunung Dempo dapat ditemui banyak orang yang sengaja naik ke puncak untuk mencari kayu atau sekadar ber-hiking. Ada juga wisatawan yang sengaja menyambangi pintu pendakian hanya untuk berwisata di lereng Gunung Dempo. (JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here