Berapa Idealnya Konsumsi Gula Perhari

0
84
Inovasi Kopi Kapal Api (foto Ekslusif)
Inovasi Kopi Kapal Api (foto Ekslusif)
Makan atau minum manis bisa menjadi candu bagi yang penyuka manis. Padahal tanpa sadar kebiasaan mengkonsumsi gula berlebih bisa berisiko pada kesehatan tubuh.
Tentunya segala sesuatu yang berlebih, pastilah tidak baik. Demikian pula saat minum kopi dengan tambahan gula yang banyak.
Menurut WHO (World Health Organization) bahwa dalam sehari, seseorang hanya boleh mengonsumsi gula tidak lebih dari empat sendok makan. Kelebihan konsumsi gula dalam sehari akan berisiko lebih besar terkena penyakit.
Hal itu dibenarkan oleh penelitian Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2013, bahwa 53.1 % penduduk Indonesia yang berusia diatas 10 tahun, mempunyai kebiasaan konsumsi gula berlebih.
Merujuk data itu, dr Dewi Ema Anindia, praktisi kesehatan mengatakan perilaku berlebih dalam konsumsi makanan dan minuman manis dapat berujung kepada ketagihan gula atau rasa manis.
“Gula mengandung kalori kosong yang dapat memberikan energi secara cepat namun energi tersebut akan cepat hilang, sehingga ada kecendrungan orang ingin terus menerus makan setelah kita mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak,” ujar dr Dewi Ema Anindia.
Bicara risiko, lanjut dr Dewi Ema Anindia, Apabila seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung kalori kosong dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini bisa menyebabkan munculnya obesitas dan resiko penyakit turunannya seperti penyakit diabetes, penyakit jantung koroner, stroke bahkan kerusakan gigi dan mulut.
Maka dari itu, ia menyarankan agar seseorang yang suka akan gula untuk mengubah kebiasaannya.
“Salah satu kebiasaan orang yang harus diubah adalah kebiasaan minum kopi dimana biasanya gulanya lebih banyak dibandingkan kopinya“ ujar dr Dewi Ema Anindia.
Atas dasar itu, Kapal Api Less Sugar melalui kampanye #guladikitlebihsehat ingin memberikan edukasi kepada konsumen bahwa hidup sehat dapat dimulai dari hal sederhana. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi gula pada kopi yang biasa diminum.
Kapal Api Less Sugar merupakan salah satu inovasi dari Kapal Api untuk menjawab kebutuhan kopi berkualitas yang berpadu sempurna dengan sedikit gula. Semangatkan hari Anda dengan kopi hitam sedikit gula. Lebih sehat, rasa tetap enak.(sumber liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here