3 Pemanis Alami yang Baik Bagi Kesehatan

0
76
Gula Kelapa
Gula Kelapa

Jajanan Lampung.com—Berkembangnya gaya hidup sehat alami membuat banyak orang mulai melirik pemanis dengan label ‘alami’.

Gula sebenarnya sangat aman selama dikonsumsi dalam batas normal. Tapi seringkali orang-orang tidak sadar dengan batasan itu sehingga mengonsumsi gula berlebihan menjadi salah satu kebiasaan buruk yang bisa paling berbahaya. Bisa dikatakan bahayanya yang tidak disadari.

Lalu apa pengganti gula Kristal..?  berikut 3 pemanis alami pengganti gula pasir

Madu

Madu
Madu

Sebenarnya madu belum bisa dianggap sebagai pengganti gula yang benar-benar aman. Tapi dalam konsumsi sedang, madu masih lebih baik daripada gula biasa. Kadar fruktosa dalam madu masih relatif tinggi, bahkan pada beberapa jenis bisa lebih tinggi dari gula biasa. Tetapi kandungan nutrisinya jauh di atas gula biasa dan lebih mengenyangkan.

Madu dikenal sebagai pemanis alami yang mengandung sangat banyak nutrisi, vitamin, mineral, protein, juga anti oksidan. Madu juga dikatakan baik untuk menurunkan kadar koresterol darah. Sifat anti inflamasinya juga cukup kuat sebagaimana dijelaskan dalam jurnal yang dimuat PubMed.gov berjudul “Natural honey lowers plasma glucose, C-reactive protein, homocysteine, and blood lipids in healthy, diabetic, and hyperlipidemic subjects: comparison with dextrose and sucrose.”

Gula Kelapa

Gula Kelapa
Gula Kelapa

Pemanis alami ini berasal dari air kelapa yang diolah menjadi menyerupai gula.

Meski kadar kalorinya tidak serendah jenis pengganti gula lain, tetapi gula kelapa memiliki kadar glikemik dan mengandung sejumlah nutrisi seperti kalium, zat besi, kalsium, juga zink.

Di dalamnya juga tersimpan serat inulin untuk memperbaiki komposisi bakteri baik dalam pencernaan.

Namun tampaknya jenis gula kelapa tidak sepenuhnya aman bila dibandingkan jenis pengganti gula lain karena kadar fruktosa di dalamnya relatif masih tinggi. Jadi sebaiknya hanya dikonsumsi secukupnya saja.

Gula Kurma

Kurma
Kurma

Kurma dikenal sebagai buah yang manisdan legit. Kurma sudah sangatakrab di lidah masyarakat.

Gula kurma merupaka nekstrak dari kurma alami yang diolah sedemikian rupa sehingga memberikan rasa yang khas dan manis. Gula kurma memiliki kandungan fruktosa dan indeksglikemik yang lebih rendah dari gula pasir. Selain itu, gula kurma dianggap mampu mencegah serangan kanker.

Mengkonsumsi gula kurma sebagai alternative pengganti gula pasir bisa dijadikan pilihan untuk hidup lebih sehat. Dengan takaran sewajarnya, tanpa perlu berlebihan. Sebab, gula tetaplah gula. Lebih baik jika dikonsumsi sehemat mungkin (JL berbagai sumber).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here