Sensasi Gurami Asam Pedas, Rasanya Bikin Berkeringat

0
205
Gurami Asam Pedas, Rasanya Bikin Berkeringat
Gurami Asam Pedas, Rasanya Bikin Berkeringat

RM Ayam Penyet Pemuda Semarang

Gurami Asam Pedas, Rasanya Bikin Berkeringat

Jajananlampung.com, Bandar Lampung—ADA pemandangan tak biasa begitu pencinta kuliner menyambangi Rumah Makan Ayam Penyet Pemuda Semarang.

Sebab, sesaat setelah memasuki restoran, tepat di depan pintu masuk, tampak beberapa koki tengah beratraksi menunjukkan cara mereka memasak menu-menu yang sudah diorder oleh pengunjung.

Ternyata, dapur rumah makan ini terletak di bagian depan. Ya, tata ruang rumah makan itu memang agak sedikit berbeda, karena pada umumnya dapur restoran berada di belakang dan tertutup. Uniknya lagi, penyekat antara dapur dan ruang makan hanya dibatasi tembok berukuran sekira 1 meter. Otomatis, segala aktivitas di dapur mampu terlihat jelas oleh pengunjung yang datang.

“Kami bisa melihat langsung cara mengolah menunya. Tak jarang, tukang masaknya melakukan atraksi. Sesekali terlihat semburan api dari kuali saat mereka memasak,” kata Firman, pengunjung rumah makan.

Interior rumah makan yang memanjang itu terlihat cukup bersih. Praktis tak ada sampah yang bercecer di lantai. Meja-kursinya pun tertata rapi. Sebab, begitu pengunjung selesai menyantap hidangan dan beranjak pulang, sejurus kemudian para karyawan dengan gesit membersihkan meja-kursi dan merapikannya.

Hari mulai redup, jarum panjang arloji hampir menunjuk pas di angka enam. Tak lama kemudian, gema azan magrib pun berkumandang tepat pukul 17.50 WIB. Beberapa pelanggan yang tengah makan menuju ke bagian belakang restoran. Ternyata, spot kuliner ini juga menyediakan fasilitas kamar mandi, tempat wudu, dan musala. “Kalau tiba waktu salat, pengunjung enggak perlu jauh-jauh cari tempat salat. Di sini ada musala, tempat wudu, dan toilet di bagian belakang,” kata Jeri, pramusaji Ayam Penyet Semarang.

Satu hal lagi, di sudut kiri bagian depan restoran sebuah plang bertulisakan “Wi-Fi”. Wah, benar-benar tempat makan yang memanjakan konsumen. Mantaplah rasanya menikmati makanan lezat sambil berselancar di dunia maya dengan akses yang cepat.

Pelayanan dengan berbagai fasilitas ciamik yang diberikan bukanlah merupakan faktor yang membuat ini selalu ramai dikunjungi. Sebab, kalau berbicara soal menu, rasa yang ditawarkan rumah makan ini menggaransikan kelezatan yang aduhai.

Menu Andalan

Ayam Penyet Pemuda Semarang menawarkan varian menu yang lebih beragam dibandingkan rumah makan ayam penyet lainnya. Total, ada 75 menu yang ditawarkan rumah makan ini kepada penggila kuliner.

Mulai dari menu ayam, menu sayuran, menu seafood, lele, sotong, kerang dan kerang hijau, udang, kepiting, gurame, capcai, tomyum, sup, sayur asam, aneka tumisan, hingga nasi goreng. Wow!

Untuk olahannya, Anda bisa memesan rasa asam pedas, asam manis, cabai hijau, cabai merah, saus pedas, saus tiram, merica kecap, merica hitam, masak kecap, tauco pedas, tomyum, kecap cabai rawit, maupun pindang. Minuman yang tersedia pun beragam, seperti berbagai jus buah, air mineral, softdrink, maupun kopi-teh.

Dari seabrek menu itu, ada yang menjadi best seller lantaran banyak dipesan pelanggan, di antaranya ayam penyet dan ikan gurami asam pedas.

Hanya dengan merogoh kocek Rp14 ribu, Anda sudah dapat menikmati lezatnya ayam penyet khas Pemuda Semarang. Tekstur ayam yang lembut dengan baluran sambal yang bercitarasa pedas, manis, dan gurih dijamin akan menggoyang lidah Anda. Ditambah seporsi nasi putih, menu ini sangat ampuh untuk menjadi pengobat rasa lapar.

Sebuah pinggan berisi menu Gurami Asam Pedas sudah tersaji di atas meja. Begitu piring besar itu diletakkan, aroma menu itu amat menggugah selera. Tak sabar menunggu, lidah pun meminta untuk mencicipnya.

Rasa asam segar dari nanas dan tomat bercampur dengan sensasi pedas langsung terasa dari saus gurami ketika disuapkan. Daging ikan yang disajikan pun memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut. Komposisi rempah dan bumbu ditambah gurihnya ikan gurami menghasilkan citarasa yang bakal menagih Anda untuk mencoba menyantapnya kembali.

Kalau Anda ingin menambah level kepedasan, cabai rawit yang bertaburan di saus gurami bisa Anda pencet sampai level kepedasan yang Anda inginkan. Ditambah nasi putih dengan ukuran ikan yang cukup besar, menu ini bisa untuk disantap oleh dua orang.

Usai mencicip kedua menu itu, siap-siap memesan tambahan minum lantaran rasa pedas yang nikmat dari menu itu.

Maknyus! Recommended sekali bagi penyuka pedas. Yang tak suka pedas, tenang. Anda dapat mengorder menu sesuai dengan selera. Ayo, merapat segera ke Rumah Makan Ayam Penyet Pemuda Semarang di Jalan Ki Maja, Way Halim, untuk melahap menu-menu lezatnya..! (LB/JL).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here