YEN-YEN, Ikonnya Oleh-oleh Lampung

0
467
Pramusaji yen-yen menunjukan berbagai prodak mereka
Pramusaji yen-yen menunjukan berbagai prodak mereka
Jajananlampung.com–BAGI Anda yang berkunjung ke Lampung dan ingin membawa oleh-oleh, Anda wajib mengunjung gerai oleh-oleh khas Lampung, yaitu Toko Yen-Yen.

Tempat berburu buah tangan yang berada di Jalan Ikan Kakap No. 86, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, ini telah berdiri sejak 1995 ini. Maka itu, lokasi ini sudah menjadi semacam ikon tempat berburu oleh-oleh khas Lampung.

Buah tangan yang tersedia di outlet ini terbilang lengkap, dengan berbagai kudapan khas Lampung yang bisa Anda bungkus untuk dibawa pulang.

Memasuki pintu pertama, Anda akan disambut senyum manis para pramuniaga nan ramah yang akan membantu memilih oleh-oleh yang akan dipilih.

Di ruangan muka ini, terdapat etalase yang menyuguhkan berbagai aneka manisan, seperti manisan papaya, mangga, salak, pala, dan loba-lobi.

Kami sarankan Anda untuk mencicipi manisan buah pala.

Begitu lidah mengecapnya, rasanya segar dengan citarasa manis dan sedikit pedas memberikan sensasi berbeda saat mencobanya.

Tempatnya yang strategis di pinggir jalan utama membuat toko ini tidak pernah sepi pengunjung.

Meskipun bukan musim liburan, pengunjung selalu menyemut untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Masih di ruangan pertama, jika kita mengalihkan pandangan ke arah kiri, terdapat berbagai olahan kerupuk khas Lampung.

Segera langkahkan kaki memasuki ruangan selanjutnya yang jauh lebih luas.

Posisi ruangan ini memang agak sedikit menjorok ke dalam, tapi justru di sinilah surga oleh-oleh Lampung bagi wisatawan dipamerkan. Dijamin, Anda akan bingung dengan puluhan jenis oleh-oleh yang akan Anda beli.

Namun, dari seabrek penganan yang tersaji, yang banyak menarik pembeli adalah keripik pisang spesial. “Keripik pisang banyak dicari pengunjung.

Selain keripik pisang, kmami juga menyediakan keripik singkong dan keripik nangka,” kata Iwan, pramuniaga Yen-Yen, kepada majalah Jajanan Lampung.

Untuk harga, tenang. Banderlonya tak akan membuat kantong Anda bolong.

Keripik dan kopi Yen-yen
Keripik dan kopi Yen-yen

Keripik Pisang Gerigi Iyen dibanderol cuma Rp16 ribu/bungkus, Keripik Pisang Kepok Iyen Rp11 ribu/bungkus, Keripik Pisang Kepok Iyen Rp19 ribu/boks, Keripik Pisang Muli Iyen Rp14 ribu/bungkus, Keripik Pisang Iyen stoples seharga Rp25 ribu, dan Niang-Niang Pisang Gold Coin dihargai Rp11 ribu/bungkus.

“Untuk keripik singkong, ada Niang-Niang Singkong Ori Rp12 ribu, Sanjai Pedas Sarinah Rp33 ribu, Singkong Surya Kecil Rp17 ribu, dan Singkong Cabe Iyen Rp12.500,” terang Iwan.

Selanjutnya, Sale Pisang Aroma Rp13 ribu/bungkus, Sale Pisang Ori Rp16 ribu/bungkus, Sale Pisang Iyen 02 Rp18 ribu/bungkus, dan Sale Pisang Mahkota Rp11 ribu/bungkus, sedangkan untuk Keripik Nangka Rp24 ribu/bungkus.

Keripik pisang kepok ada 16 varian rasa, di antaranya orisinal, cokelat, kopi, keju, pedas, melon, stroberi, dan masih banyak lainnya. “Di antara banyak pilihan tadi, ada empat rasa keripik pisang yang merupakan best seller Toko Manisan Yen Yen. Empat rasa itu adalah cokelat, keju, manis, dan kopi,” jelas Iwan.

Pernahkah Anda sebelumnya membayangkan keripik pisang dengan rasa keju dan kopi? Yah, inilah oleh-oleh khas Lampung yang selalu diburu oleh para wisatawan. Dari segi bentuk, keripik pisang Yen Yen tidak berbeda dengan keripik pisang lain yang memiliki bentuk memanjang. Lantas apa yang membedakan dengan keripik lain? Faktor pembedanya ada pada rasa yang ditawarkan!

Baik keripik pisang cokelat dan kopi adalah keripik yang telah dibalur bubuk cokelat manis dan kopi yang segar. Untuk keripik cokelat dan kopi, begitu Anda memegang potongan keripik, ketebalan cokelat dan kopi akan terasa di jari tangan. Sesekali
mereka akan menempel dan menggoda kita untuk menjilat jari-jemari kita.

Masih menurut Iwan, semua keripik pisang di toko ini terbuat dari pisang kepok. “Kami hanya gunakan pisang kepok. Pisang yang miliki tekstur sempurna untuk dijadikan sebuah keripik. Ini yang membuat rasa keripik pisang kami begitu enak, crunchy, dan renyah,” kata dia.

Bukan hanya keripik pisang, masih di ruangan yang sama, kita juga masih bisa melihat dan berbagai sambal khas Lampung yang lezat. Dibanderol mulai dari Rp10 ribu—Rp25 ribu, jenis sambal yang disediakan banyak pilihan.

Ada sambal pedas, terasi, Bulan Purnama, Niang-Niang Sambal Kemplang, dan Sambal Lampung Yen-Yen. Ada juga Bumbu Pecel Ibu Yuty ukuran besar dan kecil serta cuka kering harga malai dari Rp12 ribu—Rp25 ribu.

Selain itu, juga tersedia bawang hitam Rp75 ribu, Sambal Ebi Suseno Noncabe, Ebi Pedas, Ebi Terasi, dan Sambal Goreng Kentang harga mulai dari Rp20 ribu—Rp35.500. Tersedia pula Abon Gloria Ayam, Sapi (Bawang), Sapi (Pedas), Sapi Polos, Ikan/Sambal Linglung Sanca dengan harga Rp10 ribu—Rp81 ribu.

Bagi pencinta makanan pedas, Sambal Lampung ini recommended banget. Mengapa? Meski sambal dikemas dalam botol, kesegaran dan citarasa pedas masih kuat terasa saat kita konsumsi.

Menjadikan sambal kemasan ini teman santap yang cocok untuk makan siang. Bagi penggila kopi, Toko Yen-Yen juga menjadi pilihan tepat wisatawan untuk berburu kopi lampung.

Di sini, Anda bisa memboyong aneka kemasan kopi dengan harga relatif terjangkau mulai dari Rp12 ribu—Rp72 ribu dengan berbagai merek, seperti El’s Coffee Rasa Durian, Gold Biji, Robusta Iyen, Bola Dunia Biasa, Super dan Durian 3in1, Jempol Sakti, Kampong Robusta Iyen, Ulu Belu Gold, dan Ulu Belu Special. Untuk kopi luwak dibanderol Rp92 ribu.

Penyuka kerupuk juga akan dimanjakan dengan berbagai varian kudapan tersebut. Ada kerupuk, kemplang, dan getas. Ada Kerupuk Donna Akar, Donna Kecil, Donna Bumbu, Donna Veritas, Donna Pecah, Ikan Oven, Kulit Ikan Kakap, Niang-Niang, Cumi, Niang-Niang Kerupuk Gabang, Niang-Niang Kerupuk Stik Ikan Tenggiri, Niang-Niang Kerupuk Udang, dan Niang-Niang Kerupuk Stik Cumi. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp13.500—Rp21.500.

Dengan pelayanan ramah, tempat yang bersih, serta harga yang murah, Toko Yen-Yen pantas menjadi spot favorit memburu oleh-oleh. “Semua barang murah-murah. Enak kok pelayanannya, ramah.

Kami juga dikasih tester, jadi lumayan nyicip sana-sini. Biar tahu rasanya sebelum beli,” ungkap Sri Ismiati, wisatawan asal Bandung.

Guna memudahkan pencinta kuliner, Toko Yen-Yen melayani pembelian via online dengan menghubungi WhatsApp 0813-32000-1846, Line: iyen_foods lalu email: iyenfoods@gmail.com atau kunjungi web www.iyenfoods.com. Toko Yen-Yen setiap harinya beroperasi mulai pukul 07.30 hingga 21.00. (JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here