Nyamannya Naik Kereta

0
153
Pelayan mudah PT KAI
Pelayan mudah PT KAI
Jajananlampung.com, Bandarlampung—Di monitor layar sentuh di depan kasir minimarket itu Slamet Maryono (48) tampak khusuk memainkan telunjuknya, Jumat malam (19/1/18).

Warga Tanjungsenang, Bandar Lampung itu sedang mengakses fasilitas pemesanan tiket kereta api. Ia berencana berkunjung ke Martapura, Sumatera Selatan bersama tiga keluarganya pada Selasa (23/1/18).

“Ini, lagi pesan tiket kereta ke Martapura. Enak sekarang, beli tiket tinggal ke Indomaret, nggak usah ngantre-ngantre kayak dulu,”kata karyawan satu BUMN itu.

Orderannya kelar setelah memasukkan nama calon penumpang plus nomor KTP masing-masing. Lalu, struk yang keluar dari mesin pintar itu ia bawa ke kasir mini market itu untuk dibayar.

“Beres, tinggal nanti check in di stasiun pas kita mau berangkat. Check in nya juga pake mesin monitor beginian,” kata lelaki yang tampaknya sudahsering membeli tiket itu.

Transaksi virtual yang dilakukan Slamet itu berlaku sama di seluruh Indonesia. Sejak beberapa tahun lalu, transformasi fundamental memang sudah dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Perusahaan BUMN itu meruwat imaje kumuh, rusuh, sumpek, kotor, campur asongan, dan segala cap buruk 360 derajat berubah. Kini, angkutan umum penumpang kereta api di Indonesia sudah canggih, bersih, ramah, wangi, aman, nyaman, dan predikat positif lainnya.

Masih kata Slamet, ia dan keluarganya kini memilih moda ini untuk perjalanan jauh. Selain nyaman, dia mengaku mendapat kepastian datang dan sampai dan harga tiket yang banyak pilihan. “Mau yang eksekutif ada, tapi mahal. Tapi, yang ekonomi juga ada, dan tetap cukup nyaman. Ini saya ambil dari Tanjungkarang ke Martapura Cuma Rp32 ribu,” kata dia.

Keberadaan angkutan umum penumpang kereta api di Lampung memang tidak begitu populer. Namun demikian, upaya untuk melayani penumpang secara paripurna tetap dilakukan.

Dari sisi struktur, sejak 1 Mei 2016 PT KAI Lampung yang semula berada di bawah Divisi Regional III Sumsel, kini menjadi Divisi Regional IV Tanjungkarang. Divisi ini memiliki wilayah kerja Provinsi Lampung dan sebagian Sumatera Selatan.

Kabag Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Franoto Wibowo, saat ditemui, Senin (23/1/18) mengatakan saat ini PT KAI semakin memberikan kemudahan bagi para pengguna.

”Dari tahun ketahun volume penumpang pengguna kereta api semakin membaik. Dari tahun 2016 ke 2017, kenaikan terjadi 5% pada saat Lebaran saat Natal kenaikan terjadi 9%. Kami memaksimalkan semua armada,” katanya.

KAI juga meningkatkan pelayanan kereta api jarak jauh dan fasilitas di stasiun sesuai dengan instruksi pemerintah. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna angkutan kereta api, PT KAI Divre IV Tanjungkarang telah menyiapkan 295 personel pengamanan. Untuk di atas kereta, KAI juga menyiapkan minimal dua personel keamanan dan tim kebersihan.

Franoto sapaan akrabnya mengatakan personel ini terdiri dari 211 personel Polsuska, 50 personel khusus, dan 20 personel Polri. “Selain itu, kami telah menyiapkan kantin yang berada di atas kereta dengan memperhatikan tingkat kehigienisan, sehingga para pedagang asongan tidak lagi beroperasi. Tidak sampai di situ, pelayanan kesehatan gratis kepada pengguna jasa angkutan KA yang membutuhkan,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Franoto, pihaknya menyediakan pos kesehatan di tiga stasiun. “Yakni Tanjungkarang, Kotabumi, dan Baturaja. Kami juga menyiapkan beberapa unit ambulans, perjalanan KA lokal kami kini menyiapkan dua set yakni KARD Seminung dan KARD Way Umpu,” lanjutnya.

PT KAI Divre IV Tanjungkarang pun memberikan banyak kemudahan untuk pemesanan tiket. Penumpang dapat melakukan pemesanan 90 hari sebelum keberangkatan. “Penumpang yang ada di Pesawaran kalau ingin jalan ke Palembang, tidak perlu datang ke stasiun, cukup manfaatkan smartphone-nya melalui traveloka,tiket.com, situs new KAI akses dengan potongan 40% bagi kelas komersial. Bisa juga melalui web kamiwww.keretaapi.co.id,” jelasnya.

Ke depannya, untuk memanjakan penumpang, PT KAI Divre IV Tanjungkarang akan melengkapi fasilitas Wi-Fi dan CCTV di seluruh kereta dan stasiun. Berbicara mengenai jadwal, para penumpang tak perlu khawatir, saat ini keberangkatan dan kedatangan tak lagi jadi kendala karena sudah tepat waktu berkat terbangunnya double track.

Dengan segala fasilitas yang ditawarkan KAI, kereta api kini menjelma sebagai moda transportasi yang berkelas, terjangkau, dan efektif. Ditambahan pelayanan yang prima, kereta api bakal menjadi moda andalan sekaligus favorit penumpang untuk menempuh perjalanan. (JL/LB)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here