Peninggalan Belanda Yang Semakin Bertransformasi

    0
    288
    PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional IV Tanjungkarang.
    PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional IV Tanjungkarang.
    Kereta api sudah menjadi alat transformasi yang sering digunakan di ibu kota Jakarta, selain bebas dari polusi  alat trasformasi ini menjadi alternatif terhindar dari kemacetan.

    Peninggalan Belanda yang satu ini dari tahun ke tahun semakin berkembang.

    Bertrasformasi menjadi PT Kereta Api Indonesia, sudah barang tentu harus diimbangi dengan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

    Petugas PT KAI saat memberikan pelayanan kepada penumpang kereta
    Petugas PT KAI saat memberikan pelayanan kepada penumpang kereta

    Hal tersebut juga dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia yang berada di Lampung. Divisi Regional IV Tanjungkarang  adalah divre KAI dengan wilayah kerja Provinsi Lampung dan sebagian Sumatera Selatan, dipimpin oleh seorang Kepala Divisi Regional (Kadivre) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api Indonesia.

    KAI Sejak tanggal 1 Mei 2016 dengan rangka peningkatan kinerja, manajemen PT. KAI melakukan perubahan struktur organisasi; yaitu Divisi Regional III Sumatera Selatan dan Lampung menjadi Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang.

    Saat ditemui diruangan nya 23/1/2017 dengan senyum ramah, KABAG Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Franoto Wibowo mengatakan saat ini PT.KAI semakin memberikan kemudahan bagi para pengguna.

    ”Dari tahun ketahun volume penumpang pengguna kereta api semakin membaik, tahun 2016 ke 2017 kenaikan terjadi 5% pada saat lebaran dan natal kenaikan terjadi 9%, kami memaksimalkan semua armada” katanya.

    Petugas PT KAI saat memberikan informasi kepada penumpang
    Petugas PT KAI saat memberikan informasi kepada penumpang

    KAI juga meningkatkan pelayanan kereta api jarak jauh dan fasilitas distasiun sesuai dengan intruksi pemerintah. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna angkutan kereta api, PT KAI Divre IV Tanjung Karang telah menyiapkan 295 personel pengamanan. Dan untuk di atas kereka KAI juga menyiapkan minimal dua personil keamanan, dan tim kebersihan.

    Franoto, saap akrabnya mengatakan personel ini terdiri dari 211 personel Polsuska, 50 personel khusus dan 20 personel Polri. “Selain itu, kami telah menyiapkan kantin yang berada diatas kereta dengan memperhatikan tingkat kehigienisan, sehingga para pedagang asongan tidak lagi beroprasi, tidak sampai disitu,  pelayanan kesehatan gratis kepada pengguna jasa angkutan KA yang membutuhkan,” ucapnya.

    Gerbong kereta api Divisi Regional IV Tanjungkarang
    Gerbong kereta api Divisi Regional IV Tanjungkarang

    Untuk itu, lanjut Franoto, pihaknya menyediakan pos kesehatan di tiga stasiun. “Yakni Tanjungkarang, Kotabumi dan Baturaja, dan kami juga menyiapkan beberapa unit ambulans, perjalanan KA lokal kami kini menyiapkan dua set yakni KARD Seminung dan KARD Way Umpu ” lanjutnya.

    PT KAI Divre IV Tanjung Karang pun memberikan banyak kemudahan untuk booking tiket, penumpang dapat melakukan pemesanan 90 hari sebelum keberangkatan. “penumpang yang ada di Pesawaran kalo ingin jalan ke palembang tidak perlu datang ke stasiun cukup manfaatkan smart phone nya saya dengan menggunakan traveloka, tiket.com, situs new KAI akses dengan potongan 40% bagi kelas komersial, atau melalui website kami www.keretaapi.co.id jelasnya.

    Kedepannya, untuk memanjakan penumpang PT KAI Divre IV Tanjung Karang akan melengkapi fasilitas wifi dan cctv di seluruh kereta dan stasiun. Berbicara mengenai jadwal, para penumpang tak perlu khawatir, saat ini keberangkatan dan kedatangan tak lagi jadi kendala karena sudah tepat waktu berkat terbangunnya double track. (REN-JL).

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here