Festival Kopi, Promosikan Pariwasata dan Kopi Robusta Lampung Barat

0
270
Ilustrasi Peranti Kopi saat memetik kopi--dok. KPKL
Ilustrasi Peranti Kopi saat memetik kopi--dok. KPKL
Jajananlampung.com, Lampung Barat— Dalam menumbuh kembangkan kecintaan produksi kopi Robusta Lampung Barat bulan Juli 2018 mendatang, akan menggelar festival kopi.

Selain itu kegiatan ini juga untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten yang terkenal penghasil kopi Robusta Lampung.

Festival akan digelar selama 2 hari ini memberikan pengetahuan kepada para petani kopi untuk menghasilkan mutu kopi yang berkualitas, terang Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat Tri Umaryani dalam rilis yang diterima redaksi jajananlampung.com

Dalam kegiatan tersebut juga menjadi media pembelajaran para petani dengan teknologi pengolahan kopi dengan mempergunakan mesin pengolah kopi dan khusunya content Barista Competition Coaching Clinic atau Pelatihan.

Kami akan mengikut sertakan banyak berbagai komunitas, organsasi, pecinta kopi diantaranya komunitas penikmat kopi Lampung (KPKL), Viva Barista Komunitas Indonesia yang Focus Mengexplore Kopi Indonesia, barista Nasional, Q-Grader,Buyyer Kopi Nasional maupun International, Trader Kopi Nasional maupun International, Seluruh Komunitas yang ada di Lampung Barat, Kelompok Petani Kopi, Pengusaha UKM, IKM Kopi dan perusahaan Kopi Nasional maupun International,” terangnya.

Pada hari pertama, kegiatan akan diisi dengan Workshop Kopi Robusta Lambar dan Temu Bisnis, Launching Short Movie Robusta From Heaven Film documenter pendek tentang budaya, pariwisata yang ada di Lampung Barat.

Yang bertemakan kopi robusta Lambar yang akan di angkat kedalam sebuah film dokumenter, sesuai dengan Tag Line-nya Lambar surganya penikmat kopi, dengan harapan dapat mengexplore dan mengangkat Brand Awardnes khususnya di Lambar.

”Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Seduh Seru Robusta Lambar”, para barista, pelaku usaha, petani kopi bahkan pengunjung dapat melakukan seduh Kopi yang akan didampingi oleh Q_rader professional, tujuannya untuk memberikan edukasi cara penyeduhan kopi yang baik dan benar.

Selain itu juga banyak kegiatan lainnya seperti fotografi competition tema Robusta Lampung Barat,” terangnya.

Sedangkan di hari terakhir akan digelar Venue bertempat Kebun Kopi, panen raya kopi dengan standar yang banyak diminati kafe dan para pencinta kopi dengan standar petik merah.

Kemudaian lomba asah terampil, tour kebun kopi, sanggrai kopi rakyat, sruput kopi rakyat.

Dan barista competition, para barista akan berlomba uji cita rasa kopi, Manual Brewing Robusta, Latte Art Competition,Coaching Clinic /Pelatihan Oleh Viva Barista dan KPKL.

“Harapan kami festival ini akan dihadiri 3.000 – 10.000 pengunjung”, sehingga dapat menjadi ajang promosi potensi yang ada di Lampung Barat dan sekaligus edukasi dan menanamkan kebanggaan akan Lambar sebagai ‘Surganya Penikmat Kopi’, harapnya.(JL/REN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here