SEKOLAH KOPI, Wujud Pemkab Lambar Majukan Kopi Robusta

0
159
Green beans Fine Robusta
Green beans Fine Robusta

Jajajananlampung.com, Lampung Barat—KABUPATEN Lampung Barat yang terkenal dengan daerah penghasil kopi jenis Robusta di Provinsi Lampung, terus meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan.

Pemerintah Kabupaten berupaya mendorong masyarakat untuk mengembangkan Kopi Robusta yang telah menjadi ikon Lampung Barat, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan Asli Daerah.

Kita memiliki potensi kuantum dan dan luasan areal yang cukup luas tersebar disejumlah kecamatan jika dikelola dengan lebih baik lagi akan menjadi prodak unggulan.

Secara kualitas kopi produksi kopi dengan cara yang baik belum begitu banyak. Kuantum kita banyak tetapi untuk kualitas yang perlu ditingkatkan lagi. Jika disinergikan kuantum dan kualitas, saya pastikan para petani kopi Lambar akan semakin sejahtera.

Menghasilkan kualitas kopi yang baik dimulai pengelolaan kebun, panen, pengeringan, dan pengolahan menjadi bubuk kopi.

Semua proses untuk menghasilkan kopi dengan mutu standar intenasional memang membutuhkan proses dan kesabaran seperti petik merah, pengeringan diatas ajang-ajang tidak terkontaminasi dengan tanah.

Kami telah melakukan pertemuan dan sekaligus ekpose dengan penbentukan sekolah kopi robusta Lambar bekerjasama dengan “Rumah Kopi Ranin” dari Bogor, Jawa Barat, terang Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Mad Hasnurin pada Jajananlampung.com.

Sekolah kopi yang pertama ada di Lampung dan lampung Barat menjadi pionir di Provinsi Lampung.

Sekolah kopi memberikan keterampilan kepada para petani kopi, pemuda pemudi di pekon bagaimana cara tata pengelolaan kebun dan usaha kopi bukan hanya kuatintas tetapi kualitas, terangnya.

Melalui pengelolaan mutu, penyangrai, cita rasa dan penyeduhan.

Proses panen dan pengolahan pasca panen sangat penting dan untuk menghasilkan bubuk kopi baik, komplek sitas citarasa dan aroma didapat dengan sangria dalam batch kecil.

Sehingga tiap pengolahan, varietas, dan single origin disangrai khusus. Syarat mutlak untuk menjadi artisan coffee.

Selain itu sekolah kopi akan memberikan pendidikan untuk menjadi barista kopi seduh manual, mulai dari dasar-dasar cita rasa dan aroma kopi, pengendalian mutu kopi, teknik penyeduhan dan protokol cupping.

Minum kopi menjadi trend dan gaya hidup bukan hanya kalangan kaum Adam saja akan tetapi kaum hawa pun mengikuti trend tersebut.

Tred yang sedang berkembang saat ini harus kita manfaatkan dengan menghasilkan mutu kopi yang baik terutama potensi Lambar besar yang besar untuk mengembangkan kopi Robusta.

Pemerintah Kabupaten wajib terjudunya kopi robusta dengan mutu baik dan yang tidak kalah pentinganya mempromosikan agar lebih dikenal serta mendapat pasar di Indonesia maupun manca Negara untuk mengenalkan produk perlu adanya branding karena itulah komunitas maupun penggiat kopi ayo bersama Pemkab untuk mendukung kemajuan kopi di Lambar, tutupnya. (JL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here