CIKWO RESTO, Etalase Makanan Tradisional Lampung

0
319
kuliner tradisonal lampung
kuliner tradisonal lampung

Jajananlampung.com, Bandar Lampung—LAMPUNG memiliki makanan dan minuman tradisonal yang tidak kalah lezatnya dengan daerah lainnya di Indonesia.

Sebagaian dari anda tentu bertanya saat berkunjung ke Lampung, dimana resto yang menyajikan kuliner khas Lampung…?

Beberapa waktu lalu Jajananlampung.com berkesempatan menyambangi sebuah Resto yang berada di Jalan KI Maja (samping Indomaret)sebelum fly over Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung berlebelkan “CIKWO RESTO”.

Cikwo resto merupakan etalase makanan tradisonal Lampung dengan menggunakan bahan-bahan yang didatangkan dari beberapa kabupaten di Lampung.

Berbagai makanan tradisonal lampung diantaranya bebual lampung, taboh iwa tapa (mujair dan nila), tuhuk kumbut.

taboh iwa tapa (mujair dan nila)
Taboh iwa tapa (mujair dan nila)

Taboh/steak, taboh tuhuk (ikan blue merlin), sate iwa tuhuk dan sup tuhuk, terang Isna Adiati pemilik Cikwo Resto pada jajananlampung.com, Jumat(3/2/2018).

Selain itu ada Pandap, halipu sambol, pindang baung, pindang pating, pakhos masin, pepes patin, pepes baung, khemas.

Gulai pedos, manuk kumbut su’un, manuk pulang akhi, taboh telluy, khetak belulang dan bekasam.

Sebagai pelengakap menu makanan disediakan lalapan yang terbilang lengkap ada pete, selada, mentimun, julang-jaling, terung bulat dan lain-lain. Serta ada juga terung ungu yang sudah dibuang kulitnya dan tempoyak (durian yang difermentasikan).

Untuk melengkapi makanan anda ditempat ini menawarkan berbagai minuman khas Lampung seperti serbat kweni, kahud yahud, mangga nyambai.

Serbat kweni dan kahud yahud
Serbat kweni dan kahud yahud

Dan minuman hasil kreasi cikwo seperti tanjung setia, way kambas foam, sipahit lidah,  dan kupi jelly, terang Isna.

Sedangkan untuk minuman special kami ada berbagai olahan kopi dengan menggunakan biji kopi fans Robusta Lampung yang berasal dari Kabupaten Lampung Barat, tambah wanita kelahiran Krui-Lampung Barat.

Harga yang ditawarkan untuk makanan bandrol mulai dari Rp15 ribu sampai dengan Rp55 ribu. Dan minuman mulai dari Rp10 ribu sampai dengan Rp22 ribu.

Resto yang berkonsepkan modernt dengan kombinasi tradisional ini terdiri dari tiga ruangan berbentuk hurup U.

Pintu utama yang berada di sebelah kanan bernuansa modernt dilengkapi peralatan pengolah biji kopi menjadi minuman yang menyegarkan.

Bagian tengah resto merupakan ruang terbuka bekonsepkan taman, berada diruangan ini terasa berada disebuah taman yang indah dengan berbagai ditaman hias mengisi ruangan.

Ditengah ruangan ini terdapat spot selfi berbentuk pangung kecil. Bagi anda yang ingin berfoto menggunakan asesoris Siger pengantindi resto ini tersedia.

Sedangkan ruangan sebelah kiri berkonsepkan Lampung dengan berbagai ornament khas Lampung yang menghiasi pada setiap dinding ruangan.

Usaha yang dirintis ibu beranak tiga ini, sejak tahun 2015 dengan membuka Cikwo Resto di Jalan Nusa Indah 3, No.1, Pakis Kawat, Sumur Batu, Bandar Lampung.

Sebagai wujud kepeduliannya terhadap kuliner khas Lampung dan melestarikan budaya Lampung terutama bagi masyarakat Lampung yang berada di perkotaan.

Jika tidak ada yang perduli maka lambat laun kuliner khas Lamung hilang, digeser oleh berbagai makan luar yang disokong oleh para pengusaha besar, terang wanita asal Lampung Barat ini.

Alhamdulilah perkembangannya cikwo mendapat respon positif dari pecinta kuliner baik yang dari luar Lampung maupun masyarakat lampung. Dan kini saya membuka cabang ditempat ini.

Bagaimana anda ingin mencoba makanan khas Lampung..ayo kunjungi “Cikwo Resto”, yang buka dari pukul 10.00-22.00 WIB. (JL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here