Indahnya Air Terjun Tirai di Kabupaten Tanggamus

0
137
Air terjun Tirai
Air Terjun Tirai, Pekon Datar Lebuay, Kecamatan Air naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung (foto @ Dinafikasuri)
Jajananlampung.com,Tanggamus— Lampung memiliki banyak objek wisata nan indah yang patut anda kunjungi.

Mulai dari wisata pantai, alam, sampai dengan kuliner, kali ini tim Jajananlampung.com akan menggambarkan wisata air terjun yang berada di Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Salah satunya air terjun “Tirai” yang merupakan wahana air yang sangat indah yang berada di Pekon Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Air terjun yang berada di kawasan Register 39 KPH Batutegi ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Wisata (Pokdarwis) Wana Jaya Lestari.

Jarak tempuh untuk mencapai lokasi ini membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam perjalanan darat dari Bandar Lampung. Semua akan terbayar dengan keindahan dan berbagai fasilitas yang berada di air  terjun Tirai ini.

Objek wisata selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan manca Negara, khususnya saat hari libur. Pesona air terjun yang memiliki bentuk seperti tirai air tersebut memang sungguh memukau.

Derasnya aliran air yang indah membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan alam sekelilingnya.

Pengunjung bukan hanya disuguhkan oleh keindahan air terjun saja akan tetapi banyak fasilitas lainnya yang disediakan pengelola tempat ini.

Beberapa fasilitas penunjang objek wisata yang ditawarkan oleh Pokdarwis Wana Jaya Lestari diantaranya tubing, rappelling, berenang dengan ban, rumah pohon, arung jeram, kantin dengan makanan ringan, serta makanan khas daerah Datarlebuay.

Bicara kuliner ditempat ini ada satu minuman yang khas dan unik untuk dicoba selain yaitu guarje, yaitu gula aren jahe dan minuman lainnya secangkir kopi dari olahan biji kopi robusta dan kopi stamina.

Guarje minuman penghangat tubuh yang disajikan dengan menggunakan gelas yang terbuat dari bambu menambah unik untuk mencobanya.

Di akhir pekan rata-rata pengunjung bisa mencapai 300 orang per minggu. Jika liburan Natal atau Tahun Baru bisa mencapai hingga 1.000 orang per minggunya, terang Abdul Qodir Ketua Pokdarwis Wana Jaya Lestari pada tim Jajananlampung.com.

Untuk menikmati berbagai fasilitas yang disediakan kami bandrol dengan harga yang cukup terjangkau seperti sewa ban tubing Rp10ribu, rappelling Rp15 ribu, dan arung jeram Rp25 ribu per orang. Sedangkan pondokan santai dan rumah pohon tidak dipungut biaya alias gratis, ujar Abdul.

Lebih lanjut ia menjalaskan bahwa saat ini air terjun tirai kian berbenah mengenai fasilitas yang ada, seperti perbaikan MCK dan pondokan. Kedepannya akan dibangun musala, flyingfox, dan segera dibuka wisata kebun buah.

Dilokasi ini pengunjung bukan hanya mendapatkan keindahan Air Terjun Tirai tetapi ada dua Air terjuan lain yang tidak kalah indahnya, seperti Air Terjun Jarum dan Air Terjun Queen.

Dua air terjun tersebut memang sudah menjadi objek kunjungan wisatawan jika datang ke Datar Lebuay, Kabupaten Tanggamus, Lampung, tutup Abdul.

Bagaimana anda tertarik..? mari kunjungi Lampung dengan berbagai keindahan alam yang dimiliki berikut kuliner yang tidak kalah lezatnya dengan provinsi lain di pulau Sumatera.(JL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here